Final Fantasy XV: Chapter 1 - Departure [Bahasa Indonesia]

Final Fantasy XV: Chapter 1 - Departure [Bahasa Indonesia]
Final Fantasy XV: Chapter 1 - Departure [Bahasa Indonesia]
Chapter 1: Departure

Kalian akan memulai kisah Final Fantasy XV, sebagai Peince Noctis yang melakukan perjalanan menemui Lady Lunafreya untuk melangsungkan pernikahan. Namun karena terdapat masalah, Noctis dan kawan-kawan nya terjebak di wilayah Liede.

Prologue
Setelah Cutscene pembukaan, kalian diharuskan mendorong mobil yang mogok. Jadi, tekan tombol untuk mendorong mobil hingga scene selanjutnya muncul.

Beberapa saat kemudian, kalian akan sampai di Hammerhead Outpost, setelah sampai disana kalian akan mulai mendapatkan kontrol. Luangkan waktu untuk mempelajari lingkungan sekitar kalian (disarankan untuk menerima tutorial).

Bicaralah dengan Cindy untuk mendapatkan World Map. Masuki restoran dan bicara dengan pemilknya - yang akan menandai tempat kemah baru, tempat parkir, outposts, dan Resource di daerah tersebut.

Kalian dapat membeli makanan di Tipsters di Outpost dan yang lebih penting mereka menyediakan monster untuk kalian buru dan memberikan hadiah sesuai tingkat kesulitannya. Jika kalian ingin berburu, cobalah untuk mengingat lokasi, waktu aktif makhluk tersebut dan berapa banyak yang harus kalian habisi.

Bengkel suku cadang, merupakan tempat dimana kalian dapat menjual dan membeli kebutuhan. Disana kalian dapat membeli potion dan bahan ramuan (ingredients). Disebelah juga terdapat weapon truck, yang menjual senjata.

Ignis kemudian akan berbicara mengenai quest untuk mencari uang.

The Pauper Prince
Dalam quest ini, kalian harus mencari uang demi mendaptakan biaya perbaikan mobil kalian.
Recomendasi Level: 1
Hadiah: 100 XP, Bronze Bangle
Ignis akan menyarankan untuk berbicara dengan Cindy, jadi temui dia. Tanyakan tentang kekurangan kalian, dan Cindy akan mengatakan bahwa Cid ingin kalian menghabisi beberapa hama.

Terserah kalian mau menjawab apa, karena semuanya akan memberikan kalian 10 AP (Ability Points). Dengan AP ini akan memberikan Noctis dan kawan-kawan variasi teknik dan kemampuan yang berbeda. Kalian dapat mempelajari Magic, Combat, Teamwork dan juga Exploration. Terserah kalian ingin mengunakanya untuk mempelajari apa, tapi cobalah untuk menguji gaya permainan kalian dan menguasai sebanyak mungkin skill yang kalian bisa.

Cindy juga akan memberikan kalian Bronze Bangle dan 1.000 Gil serta memperingkatkan kalian untuk tidak keluar pada malam hari karena banyak Daemon kuat berkeliaran.

[Eliminate The Pests]
Saat kalian sudah siap, sebrangi jalan dan hadapi musuh seperti kalajengking. Jika kalian bermain dengan Wait Mode (menghentikan pertempuran sementara), maka kalian dapat menganalisis musuh. Manfaatkan warp-strike untuk memulai pertempuran. Menyelesaikan tutorial akan memberikan kalian AP tambahan.

Saat kalian berhasil mengalahkan kelompok pertama, pergi ke berat untuk menemukan kelompok musuh selanjutnya. Gunakan Lock-on untuk mengunci target dan lakukan warp-strike, yang sering kali akan memberikan serangan fatal lanjutan. Saat muncul tanda tombol indikasi, tekan dengan tepat maka kalian akan menangkis serangan dan teman kalian akan membantu dengan serangan balasan yang mematikan. Hal ini sangat berguna, terutama saat menghadapi lawan yang kuat.

Kelompok ketiga tidak jauh dari kalian. Cobalah untuk mengikuti setiap tutorial untuk membantu kalian lebih memahami sistem permainan.

Setelah menyelasikannya, kalian akan mendapatkan 100 XP. Kemudian kembali dan bicaralah dengan Cindy.

Hunter Becomes the Hunted
Kalian akan diminta oleh Cindy untuk mencari Hunter yang menghilang.
Rekomendasi Level: 1
Reward: 150 XP
Cindy meminta kalian untuk mencari pria bernam Dave, yang bersembunyi di sebuah rumah. Lanjutkan ke arah barat. Ikuti jalan tanah sampai kalian menemukan rumah besar dengan kontainer biru dan tempat parkir di depannya.

Cobalah untuk memperhatikan sekitar kalian, karena kalian dapat menemukan resources food seperti Leidan Peppers. Pastikan untuk mengumpulkan apapun yang kalian temukan karena dapat menghemat uang kalian dan mendapatkan beberapa bonus.

Masuk kedalam, dan kalian akan menemukan Bount hunt mengenai Mutan Dualhorn. Akan ada segerombolan Sabertusks menyerang kalian, habisi secepatnya.

Karena Dave tidak ada, periksa rumah-rumah disekitarnya. Pergilah ke arah rumah dengan kincir angin untuk melihat Sabertusk lain. Sebelum masuk, ikuti saran Ignis untuk warp ke kincir angin dan melakukan serangan dari sana untuk mendaptkan AP tambahan.

Setelah mengalahkannya, Dave akan keluar dan kalian akan mendapatkan XP meyelesaikan quest.

The Mutant Marauder
Kalian akan diminta untuk membantu Dave berburu.
Rekomendasi Level: 2
Reward: 200 XP
Bicara dengan Dave. Dia akan memberitahu kalian tentang kertas bounty hunt sebelumnya. Kalian bisa menerima permintaanya. Disini jaawaban yang kalian berikan akan menghasilkan bonus yang berbeda.
  • Do it for free: mendapatkan 30 XP
  • Do it for a price: mendapatkan 2 AP
  • Ask your friends: mendapatkan 150 XP 
Kalian juga akan mendapatkan Magic Flask, yang berguna untuk memulai elemancy.

Sebelum pergi, cari koin biru berkilau di kanan untuk mengumpulkan Debased Coin. Ikuti saran Ignis untuk membuat tempat kemah. Beristirahat akan memberikan EXP dari pertempuran, dan memasak akan memberikan bonus pada statistik kalian.

[Membuat Kamp]
Dari arah tujuan kalian, balik ke arah berlawanan dan cari tempat untuk kemah di dekat bebatuan. Dari tempat kemah terdapat 3 tempat untuk kemampuan elemancy.

Setelah mendirikan tenda, kalian dapat meminta Ignis membuat makanan. Dia dapat membuat berbagai makanan, tapi ada baiknya kalian mencari berbagai resep makanan dan ingredients untuk mendapatkan berbagai bonus status.

[Locate the Mutant Dualhorn]
Setelah istirahat dan memaksimalkan status, saatnya mencari Mutant Dualhorn. Lihat lokasi kalian dari peta dan pergi menuju utara.

Telusuri jalan tanah, pastikan untuk memeriksa logam di belakang gudang besar untuk menemukan Sharp Bone yang tersembunyi diantara reruntuhan. Saat jalan mulai membelok, pergilah ke kanan melewati beberapa pipa besar dan menemukan tempat terbuka dimana yang kalian cari berada.

Enemy: Mutant Dualhorn
HP: 9.900
Teamwork akan menjadi kunci dalam battle ini. Gunakan teknik seperti Gladiolus' Tempest yang memberikan damage besar. Pastikan untuk tidak menyerang secara agresif, karena Dualhorn akan mengayunkan tanduknya ke sekeliling kalian. Berikan beberapa serangan dan kemudian tekan tombol bertahan untuk menghindar. Jika HP atau MP kalian semakin rendah, banyak tempat di dekat kalian untuk melakukan warp untuk melakukan isi ulang dan kembali dalam pertempuran.

Setelah mengalahkannya, kalian akan mendapatkan Red Horn dan Cindy akan mengabari bahwa perbaikan mobil kalian telah selesai. Pastikan untuk memeriksa daerah sekitar kalian untuk mendapatkan beberapa Silver Dust sebelum kembali ke Hammerhead Outpost. Hati-hati dengan monster yang berada di sepanjang perjalan kembali kalian.

[Mengambil Regalia]
Setelah kembali ke Hammerhead Outpost, kalian dapat menjual items monster untuk mendaptkan sejumlah Gil. Bicara dengan Cindy untuk mengambil mobil kalian.
Tambahan:Kalian dapat menyelesaikan beberapa sidequest sebelum melanjutkan perjalanan. Sebaiknya ambil untuk mendapatkan EXP tambahan dan bonus lainnya. Kalian dapat mengambil sidequest seperti:
  • Varmints of the Wateland (Hunt)
  • Howling Wind of Hunger (Hunt)
  • The Hallowed Hill of Hammerhead (Tour)
  • Highway Helper
  • Unlucky Driver
  • Tired of Running
  • Search and Rescue
The Errand Prince
Kalian akhirnya dapat mengendarai Regalia lagi dan menuju Galdim Quay. Tapi sebelum itu kalian harus mengantarkan sebuah paket terlebih dahulu.
Rekomendasi Level: 2
Reward: 50 XP
Sebelum kalian meninggalkan Hammerhead Outpost, Cindy akan bertanya pada kalian apakah kalian dapat membantunya.
  • Terima quest: 50 XP
  • Tolak quest: 2 AP
  • Tanyakan pada teman2: 200 XP untuk Prompto 
Apapun jawaban kalian, dia akan memberitahu tentang sebuah paket dalam mobil kalian yang harus diantarkan pada pemilik motel di tujuan kalian.

Pastikan kalian telah menyelesaikan segala urusan sebelum meninggalkan Hammerhead. Sebelum masuk ke mobil, cek garasi untuk mendapatkan Phoenix Down dan Hi-potion.

[Drive to The Motel]
Masuk ke Regalia, kalian dapat meminta Ignis untuk menyetir mobil atau kalian bisa melakukannya sendiri. Kalian juga bisa membeli dan menjual beberapa item dari luxury di mobil kalian.

Untuk saat ini, semua jalan lain tidak dapat dilewati karena blokade tentara kekaisaran. Jalan yang tersisa adalah menuju selatan. Saat kalian akhirnya sampai di Longwhyte Rest Area, keluar dari mobil dan bicara dengan manajer di dekatnya.

Setelah mengantarkan paket, seorang pembawa pesan bernama Umbra membawakan buku catatan dari Lady Lunafreya. Tulis balasan dan berikan pada Umbra.

[Head to Galdin Quay]
Sebelum melanjutkannya, kalian bisa memasuki restoran untuk mempelajari daerah sekitar dan mencari bounty tambahan. Ada juga sidequest yang harus dilakukan dan juga kalian dapat berbicara dengan manajer motel bila hari sudah mulai gelap. Ignis tidak akan menyetir saat malam hari, karena terlalu berbahaya. Terserah kalian untuk mengambil resiko atau menunggu hingga pagi. Pastikan juga untuk tidak membiarkan bahan bakar kalian terlalu rendah.

Sesampainya di post terbaru, terdapat toko dan juga tempat memancing, jika kalian ingin menaikan kemampuan memancing Noctis. Periksa dermaga kecil juga untuk mendaptakan Hi-Elixir di ujung. Telusuri jalan setapak dan kalian akan bertemu dengan orang misterius.

Kalian bisa berhenti di Galdin Quay outpost, untuk makan dan menginap atau berbicara dengan pelayan dan mempelajari daerah sekitar. Kalian juga bisa pijat di sini, walaupun cukup mahal untuk level kalian saat ini. Pergilah ke ujung dermaga untuk menyelesaikan misi dan bertemu kontak baru.
Tambahan: Setelah mengantarkan paket, kalian dapat melakukan tanya jawab dan juga berburu untuk memdapatkan EXP, GIL, dan Items. Pertimbangkan untuk mengambil sidequest seperti:
  • Gone Hunting
  • Scraps of Mystery I
  • The Hunter Slaying Herd
  • Mineside Mischief Makers
  • Broken-Down
  • A Cry for Help
  • Conceal
A Gentlement's Agreement
Rekomendasi Level: 3
Reward: 300 XP
Saat kalian bertemu dengan sorang reporter, dia akan memberikan quest yang harus kalian jalani. Tergantung dengan respon kalian, maka akan berbeda yang kalian terima.
  • Listen to Dino: 80 XP
  • Stand your ground: 150 XP untuk Ignis
Jika hari mulai gelap, pertimbangkan untuk membuat tenda di luar Galdin Quay yang lebih menghemat uang. Bila ingin, kalian dapat menemukan kucing di dermaga dan menyelesaikan side quest konyol (lebih mudah jika kalian berhasil menangkap ikan)

[Head to The Mineral Deposit]
Kembali ke jalan, dan pergi ke utara. Jaln ke arah yang ditandai pada peta dan terus ke atas sampai kalian menyebrangi jalan di bawah. Ada banyak Mineral Deposit di daerah ini.

Saat kalian bertemu dengan Hurricane Bird yang besar, dia akan sulit untuk kalian lawan. Cobalah menyelinap dengan sangat perlahan dan gunakan semak-semak untuk bersembunyi sambil bergerak. Jika dia melihat kalian, maka ia akan menginjak2 Noctis dkk sebelum terbang. Menyelinap di sekitar ekornya untuk menemukan Mineral Deposit dan kemudian bergerak ke belaknganya untuk mendapatkan lebih banyak mineral deposit.

Kembali ke mobil dan pergi ke Dino. Kalian akan mendapatkan Garnet Bracelet darinya. Setelah kalian melakukan semua yang kalian inginkan, maka kalian dapat melanjutkan berlayar.
Tambahan: Kalian dapat menyelesaikan beberapa sidequest berikut:
  • Rise and Shine and Run
  • Kitty Catering
  • Peach to the Beach
III Tidings
Sekarang kalian akan memasuki quest utama dari Chapter 1.
Recomendasi Level: 4
Reward: 350 XP
Kalian akan mendapatkan suatu berita, dimana berita tersebut memaksa Noctis dkk untuk kembali ke Insomnia. Saat kalian mencapai perbatasan, akan banyak terdapat Imperial Dreadnought yang meblokir jalan. Naiklah ke atas bukit dan ikuti jalan sampai kalian bertemu dengan tentara imperial. Mereka tidak sulit dilawan dan juga mereka lemah dengan serangan pistol, jadi manfaatkan Prompto. Berikutnya akan semakin banyak pasukan dan juga sniper, jadi berhati-hatilah.

Saat kalian sampai ke atas bukit yang sempit, kalian akan disergap lagi. Kalahkan terlebih dahulu snipernya, untuk memudahkan pertempuran kalian. Kemudian berhati-hatilah saat muncul Magitek Axeman. Dia dapat memberikan damgae yang lumayan, namun rentan terhadap tombak dan daggers. Membunuh mereka semua akan memberikan kalian Drain Lance yang dapat kalian modifikasi saat bertemu dengan Cid di Hammerhead Outpost.

Begitu selesai naiklah keatas untuk memicu cutscene dan sekaligus mengakhiri Chapter 1: Departure.

Home | Chapter 2: No Turning Back

0 Response to "Final Fantasy XV: Chapter 1 - Departure [Bahasa Indonesia]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel